Langsung ke konten utama

Ibnu Qayyim bicara Cinta

RABU, 8 RABI’UL AWWAL 1438 H / 7 DESEMBER 2016
09.20 WIB


“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman : ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.’ Katakanlah kepada wanita yang beriman : ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.” (QS. An-Nuur : 30-31)

“Tidak ada fitnah yang lebih berbahaya sepeninggalku bagi seorang laki-laki selain dari (fitnah) wanita.” (HR. Bukhari dan Muslim)
 
 ***
 
Adakah yang tidak mengetahui nama sekaliber Ibnu Qayyim Al Jauziyah? Ada?

Ibnu Qayyim Al Jauziyah, mempunyai nama lengkap Abu Abdillah Syamsuddin Muhammad bin Abu Bakar bin Ayyub bin Sa’ad bin Hariiz bin Maki Zainuddin az-Zura’I ad-Dimasyqi al-Hanbali. Dari beberapa sumber yang saya dapatkan dari internet, dikatakan bahwa nama Ibnu Qayyim Al Jauziyah diberikan karena ayah beliau adalah penjaga (qayyim) di sebuah sekolah lokal yang bernama Al-Jauziyyah.

Ibnu Qayyim Al Jauziyah dilahirkan di Damaskus, Suriah pada tanggal 4 Februari 1292 dan meninggal pada 23 September 1350. Beliau adalah seorang cendekiawan Islam yang hidup pada abad ke-13. Selain dikenal sebagai ahli Tafsir, ahli hadits, penghafal Al-Quran, ahli ilmu nahwu, ahli ushul, ahli ilmu kalam, sekaligus seorang mujtahid, beliau pun tak diragukan lagi dalam bidang kedokteran dan psikologi.

Oleh karena itu, salah satu karya tulis beliau di luar bidang ilmu syariat yang cukup fenomenal adalah buku yang berjudul Raudhatul Muhibbin wan Nuzhatul Musytaqin. Buku tersebut kemudian diterjemahkan ke Bahasa Indonesia dengan judul Taman Orang Jatuh Cinta Tamasya Orang yang Terbakar Rindu (Semua Hal Mengenai Cinta).

Di dalam Mukadimah buku Raudhatul Muhibbin wan Nuzhatul Musytaqin, Ibnu Qayyim menjelaskan secara panjang lebar bahwa di dalam setiap jiwa manusia terdapat nafsu dan akal. Idealnya nafsu dan akal harus saling melengkapi satu sama lainnya dengan aturan yang telah digariskan oleh Al-Qur’an dan Sunnah. 
 
Secara lebih speisifik, Ibnu Qayyim mengatakan bahwa nafsu memang terlahir lebih “kuat” daripada akal. “Allah Swt. telah menjadikan nafsu dapat mengendalikan jiwa, memerintah kepada keburukan, hawa nafsu menerkam dan menjadi penyakit bagi jiwa yang tenang, dan tidak ada obatnya kecuali dengan menentangnya.”

Karena kecenderungan kuatnya hawa nafsu dan kecenderungan kekuatan tersebut mengarahkan setiap manusia pada keburukan, maka manusia harus dengan sekuat tenaga mampu melawan hawa nafsu yang ada dalam hatinya. Hal itu dikarenankan, “Surga dijadikan terhalangi oleh berbagai ketidaksenangan sebagai bentuk perlindungan dari nafsu-nafsu dunia yang hanya melahirkan kehinaan.” 
 
Maka Ibnu Qayyim berupaya untuk menyusun sebuah kitab yang beliau khususkan untuk memberikan nasihat guna menyeimbangkan antara nafsu dan akal yang berlandaskan pada ketentuan Allah Ta’ala. Aturan Allah Azza wa Jalla perlu untuk dijadikan prioritas karena di setiap perintah yang Dia gariskan pasti memiliki kebaikan dan kemaslahatan, begitu juga sebaliknya dalam setiap larangan-Nya adalah sebagai bentuk pemeliharaan dan penjagaan dari-Nya untuk manusia. Karena Dia adalah Sang Khaliq.

Bagi saya secara pribadi, mengetahui bahwa ada ulama besar yang secara khusus menuliskan sebuah kitab yang membahas seluk beluk tentang cinta adalah sesuatu yang sangat menggembirakan sekaligus melegakan. Itu berarti ada nasihat-nasihat tentang permasalahan cinta yang sesuai dengan tuntutan ajaran Islam. Karena urusan cinta adalah masalah atau bahkan “musibah” psikis yang sering saya hadapi.
***

Sebagian orang-orang salaf menafsirkan ayat, “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya.” (QS. Al-Baqarah : 286) Bahwa yang dimaksud beban yang tidak sanggup dipikul dalam ayat tersebut adalah al-‘Isyqu (cinta buta). Hal ini tidak mereka maksudkan sebagai kekhususan, tetapi yang mereka maksud adalah tamtsil. Karena pada kenyataannya, cinta itu tidak akan sanggup untuk dipikul. Yang dimaksud oleh ayat tersebut adalah beban yang terkait dengan takdir, bukan yang berhubungan dengan hukum syari’at.

Rasa-rasanya saya sering memikul beban yang dimaksudkan oleh tafsiran sebagain orang salaf di atas. Terutamanya kini, ketika keinginan untuk menikah itu sangat menggebu. Saya justru tertarik atau diberikan rasa dengan wanita yang secara teori memang akan sulit untuk bersama.

Dimulai dengan wanita yang telah memiliki pemahaman agama lebih dari saya sehingga dia tak bisa menerima beberapa kesalahan masa lalu yang terbawa hingga sekarang. Akibat dari pemahaman agama yang dangkal di masa lalu, maka beberapa keputusan kehidupan pun saya sandarkan pada bodohnya ilmu agama. Jadi ya, ada beberapa yang harus saya tanggung sampai dengan beberapa tahun kedepan. Dan jatuh cinta pada wanita yang telah sangat memahami agama tentu sulit untuk terbalaskan.

Yang terjadi selanjutnya pun tak masuk di akal. Saya tak lagi mencari wanita dengan pemahaman agama yang telah matang. Saya menjatuhkan perasaan pada wanita yang masih berusaha menjadikan agama sebagai prioritas. Dan tawaran pun kembali tak terbalas karena agama yang belum dia jadikan sebagai landasan maka urusan pernikahan belum mendapatkan skala prioritas dalam hidupnya.

Hari berganti hari, nasihat ulama tentang keutamaan pernikahan tak bisa saya pungkiri. Saya tak bisa berpura-pura tak punya birahi. Terlebih di zaman penuh fitnah, syubhat dan syahwat bertebaran di sana-sini. Terbayangi oleh beberapa masa lalu yang cukup keji. Maka pernikahan telah wajib bagi saya secara pribadi. 
 
Karena klaim “hijrah” belum sempurna tanpa pernikahan. “Siapa yang menikah berarti telah menyempurnakan setengah agamanya. Karena itu bertaqwalah kepada Allah untuk setengah yang kedua.” Makna hadis ini bahwa nikah akan melindungi orang dari zina. Sementara menjaga kehormatan dari zina termasuk salah satu yang mendapat jaminan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan surga. Beliau mengatakan, ‘Siapa yang dilindungi Allah dari dua bahaya, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga, yaitu dilindungi dari dampak buruk mulutnya dan kemaluannnya.’ (Tafsir al-Qurthubi, 9/327) https://konsultasisyariah.com/26085-makna-hadis-menikah-menyempurnakan-setengah-agama.html

Belajar dari 2 (dua) pengalaman, saya pun “berusaha” untuk menahan rasa tak terjatuh pada wanita yang sekiranya sulit untuk bersama. Tapi apa mau dikata, rasa selalu saja datang tak disangka. Rasa itu muncul pada seorang wanita yang memang bila dilihat dari agama tak banyak berbeda dengan saya. Dia sepertinya mulai meniti jalan “hijrah” tapi kami terpisah jarak. Tapi itu-lah rasa, terus melaju dan akhirnya tak juga terbalas. Dia sulit meninggalkan kampungnya karena kesehatan orang tua jadi penyebabnya.

Seakan belum puas dengan 3 (tiga) kali penolakan dalam kurun waktu 6 (enam) bulan, perasaan itu kembali menuntun saya menawarkan sebuah perkenalan untuk pernikahan (ta’aruf) kepada wanita. Tapi lagi, lagi, dan lagi tertolak. Kali ini dengan alasan dia telah ber-ta’aruf dengan lelaki lain.

Itu-lah alasannya kenapa saya merasakan bahwa tafsiran beberapa orang salaf terhadap salah satu firman Allah Ta’ala yang telah saya sebutkan di atas, sangat sesuai dengan kondisi saya saat ini. 
 
Kenapa saya dianugerahi sebuah perasaan yang tak bisa untuk terbalaskan? Dan justru situasi ini berada di saat saya benar-benar ingin mengenal wanita sesuai syariat Islam dan menyegerakan pernikahan. 
 
Ketika dulu, saya mendekati wanita dengan mengacuhkan segala aturan-Nya dan tanpa pemikiran untuk menikah dalam waktu dekat, semua rasa itu selalu bisa terbalaskan. Allahuakbar!

Tapi pertanyaan saya kemudian terjawab tuntas oleh Ibnu Qayyim. Beliau dengan sangat cerdas memberikan nasihat bahwa perkara rasa, apakah sekedar suka, cinta atau sayang, memang bukan sebuah pilihan. Perasaan muncul atas kehendak Allah Ta’ala karena Dia yang membolak-balikan hati manusia. Tapi semua perasaan itu bisa datang dengan cara yang tercela atau terpuji, bisa datang bertubi-tubi atau seimbang, sungguh kita yang bisa menentukan. Karena perasaan adalah sebuah hasil yang diawali oleh pandangan!

Analogi Ibnu Qayyim adalah seperti keadaan mabuk minuman keras. Ketika kita meminum minuman keras maka menjadi mabuk bukan sebuah pilihan. Kita tak bisa lantas memilih menjadi mabuk atau tidak, bila telah meminum minuman keras. 
 
Tapi kita bisa memilih untuk tidak meminum atau meminum minuman keras. Maka dalam perkaras rasa, bila pandangan tak bisa kita jaga dengan baik, kita umbar pandangan menuruti hawa nafsu, maka jelas rasa akan muncul dengan sangat cepat tanpa bisa dikendalikan. “Tidak dapat kita sangkal bahwa mengumbar pandangan dan terlena dengan pikiran sama kedudukannya dengan orang mabuk karena minum arak. Yaitu dicela karena sebab yang diperbuatnya. Apabila cinta tersebut ada karena sebab yang tidak dicela maka tentu cinta itu tidak akan dicela.”

"..., dapat kita katakan bahwa benih-benih cinta serta sebab pemicunya merupakan hal yang bersifat ikhtiyari (pilihan) yang keberadaannya di bawah kewajiban yang dibebankan. Pandangan, pikiran dan kehendak untuk mencintai adalah urusan yang bersifat ikhtiyari. Dan apabila ada sebab, maka hal yang terjadi kemudian adalah sesuatu yang tidak ikhtiyari lagi, seperti disebutkan dalam untaian sya’ir :
Ia larut dalam gelombang cinta yang membara
Dan ketika cintanya surut, ia tak lagi berdaya
Gelombang ombak ia tak sangka sebagai riak
Saat menggulung, ia tenggelam berteriak
Dia berharap dosanya tersisir
Namun dia tak sanggup lagi untuk berpikir"


Untaian argumen atau nasihat dari ulama sekaliber Ibnu Qayyim seperti menampar saya sangat keras. Saya tak bisa menyalahkan siapapun dari hadirnya rasa ke dalam hati selain diri saya sendiri. Saya yang mungkin belum bisa menjaga pandangan dengan sangat baik, maka saya pun harus merasakan akibatnya. Saya bingung dengan banyaknya rasa yang harus saya rasakan. Rasa yang harus dengan tragis tak terbalaskan. “Wahai Ali, jangan engkau perturutkan pandangan dengan pandangan selanjutnya. Bagimu hanya pandangan pertama (yang tidak disengaja), sedangkan tatapan kedua dan seterusnya adalah bukan hakmu.” (HR Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ahmad)

“Pandangan adalah anak panah iblis yang beracun. Barangsiapa yang dapat menahan pandangannya dari keelokan perempuan maka hatinya akan dianugerahi kenikmatan di alam hatinya, yang akan dia rasakan sehingga hari pertemuan dengan-Nya.” (HR Hakim dan Thabrani)
***

Berkenaan dengan pertanyaan atau keanehan saya tentang penolakan yang datang secara simultan, padahal apa yang saya tawarkan adalah sebuah konsep syariat dan kepastian. 
 
Tapi dulu ketika yang saya berikan menyalahi aturan dan tidak ada kepastian, rasa itu terbalas dan jiwa itu saling bertautan. Maka itu pun erat berkaitan dengan dosa-dosa yang sepertinya masih saya rutinkan. 
 
Pembahasan yang telah saya uraikan pada tulisan Musibah, juga setali tiga uang dengan apa yang dikatakan oleh Ibnu Qayyim. “Barangsiapa bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (QS. Ath-Thalaq : 2-3) Dengan ayat ini, Allah Subhanahu wa Ta’ala menegaskan bahwa apabila seseorang bertakwa, lalu meninggalkan cara yang tidak halal, maka Allah akan memberikan rezeki padanya dengan jalan yang tidak disangka-sangka. Demikian halnya dengan seorang pezina, seandainya dia mau meninggalkan zina yang diharamkan syariat, niscaya Allah Ta’ala akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik dan halal."

Maka Allah Ta’ala belum memberikan saya sebuah hubungan yang halal, karena mungkin saya masih merutinkan beberapa perbuatan yang melanggar syariat-Nya. 
 
Ya, saya tak bisa begitu saja meminta kebaikan bila ternyata masih ada keburukan yang saya kerjakan. Saya harus terlebih dahulu memperbaiki diri sebaik-baiknya, dan meluruskan serta mengikhlaskan niat bahwa semua yang saya kerjakan memang benar untuk mengharapkan ridho dan rahmat-Nya, bukan untuk kepentingan dunia yang hina dan fana.

Well, mendengarkan atau membaca nasihat ulama yang berlandas pada Al-Qur’an dan Hadits memang selalu menenangkan jiwa. Agama Islam memang sebuah solusi bagi segala keruwetan hidup. 
 
Semoga kita semua selalu diberikan hidayah untuk terus mencari dan mengamalkan setiap ilmu. Dan semoga Allah Ta’ala memudahkan jalan bagi saya dan kita semua yang belum menikah, untuk menemukan wanita sholehah dan menyegerakan pernikahan. Aamiin.
 
#PMA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibadalana uliy ba’sin syadid

Selasa, 22 Juli 2014 22.00 WIB Saya akan menampilkan atau mem- posting tulisan dari Bapak Usep Romli , Pengasuh Pesantren Budaya "Raksa Sarakan" Garut. Tulisan ini merupakan tulisan di kolom Opini , harian Republika yang diterbitkan pada hari Selasa, 22 Juli 2014. Beliau menulis tentang (satu-satunya) cara untuk bisa mengalahkan zionis Israel. sehingga tulisannya pun diberi judul, Mengalahkan Zionis Israel . Berikut ini tulisannya saya tampilkan penuh tanpa ada sedikit pun saya kurangi atau tambahkan. "Mengalahkan Zionis Israel" Hari-hari ini, bangsa Palestina di Jalur Gaza sedang dibombardir pasukan Zionis-Israel. Nyaris tak ada perlawanan sama sekali, karena Palestina tak punya tentara. Hanya ada beberapa kelompok sipil bersenjata yang berusaha bertahan seadanya. Negara-negara Arab yang tergabung dalam Liga Arab tak berdaya. Begitu pula negara-negara berpenduduk mayoritas Islam yang tergabung dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI), tak da

Hercules dan Moral

The Legend of Hercules Minggu, 9 Februari 2014 10.10 WIB Cukup lama saya tidak menonton sebuah film di bisokop. Untuk sebagian orang, hal ini merupakan sebuah pemborosan karena kondisi yang ada di Indonesia memungkinkan kita untuk bisa menonton sebuah film dengan harga yang jauh lebih murah.  Di Indonesia kita masih bisa untuk mendapatkan sebuah DVD dengan harga yang sangat murah, sekitar 6 (enam) ribu rupiah ( bajakan tentunya tapi dengan kualitas gambar yang cukup baik ), bandingkan dengan harga yang harus dikeluarkan apabila kita menonton sebuah film di bioskop, sekitar 25 ribu – 50 ribu rupiah tergantung bioskop yang kita pilih. Saya pun menyadari hal itu tapi saya tentu juga memiliki alasan. Terlepas dari alasan idealis yang sebenarnya juga masih saya miliki, alasan utama yang ingin saya kemukakan disini adalah bahwa menonton sebuah film di bioskop bagi saya adalah sebuah penyegaran, sebuah hobi untuk melepas penat dan mendapatkan lagi beberapa semangat. Ya, hobi. Mung

Wahana Wyata Praja IPDN

Sejarah Singkat Wahana Wyata Praja Wahana Wyata Praja adalah organisasi internal Praja IPDN yang pada dasarnya mempunyai tugas dan fungsi sama dari tahun ke tahun, namun namanya berubah sesuai situasi dan kondisi pada masa angkatan tersebut. Nama organisasi praja yang terbentuk sejak awal berdirinya STPDN hingga IPDN adalah sebagai berikut: Manggala Corps Praja Angkatan I STPDN sampai dengan angkatan IV STPDN Organisasi ini bernama MANGGALA CORPS PRAJA, yang pimpinannya adalah Manggala Pati dengan tanda jabatan talikur berwarna merah, nama Manggala Corps ini hanya sampai pada angkatan IV saja, karena pada angkatan V organisasi internal Praja ini berubah nama menjadi WAHANA BINA PRAJA. Wahana Bina Praja Angkatan IV STPDN sampai dengan angkatan XVI STPDN Wahana Bina Praja ini pimpinannya bernama Gubernur Praja dengan tanda jabatan talikur berwarna biru lis kuning nestel dua, dari Wahana Bina Praja inilah mulai di bentuk berbagai instansi dan UKP yang di ang