Rabu, 10 Februari 2016

Keadilan Sosial dalam Islam


SENIN, 08 FEBRUARI 2016
10.30 WIB

Ada 2 (dua) buku yang menurut pendapat saya sangat cocok dan akan memberikan pemahaman secara menyeluruh berkenaan dengan Islam.

Kedua buku tersebut tidak ditulis oleh penulis yang sama. Bahkan penulis kedua buku tersebut hidup di zaman yang berbeda. Akan tetapi keduanya memiliki alur yang sistematis sehingga kita bisa dengan mudah mencernanya.

Buku yang saya maksud adalah Beyond the Inspiration karya Ustadz Felix Siauw dan Keadilan Sosial dalam Islam yang ditulis oleh Prof. Dr. Hamka atau biasa dikenal dengan nama Buya Hamka.

Seperti yang telah saya sebutkan di awal, Ustadz Felix Siauw dan Prof. Hamka tidak hidup di zaman yang sama. Ust. Felix Siauw adalah cendekiawan Muslim dewasa ini sedangkan Prof. Hamka telah lama meninggal.

Jadi sebenarnya tak ada kaitan sedikitpun antara buku Beyond the Inspiration dengan buku Keadilan Sosial dalam Islam.

Secara garis besar, Beyond the Inspiration menuturkan tentang alasan hakiki dibalik kehidupan dan mengapa Islam harus menjadi landasannya. Buku tersebut memberikan fakta dan dalil secara sempurna, tidak hanya pemberian doktrin yang mengeyampingkan rasionalitas.

Ust. Felix Siauw paham bahwa agama tidak bisa diberikan dengan cara indoktrinasi. Beyond the Inspiration dengan lugas membuat orang yang membacanya untuk berpikir, beradu argumen, sehingga mereka menerima kebenaran Islam secara penuh dan sadar karena memang akal dan nuraninya menerima tanpa bantahan. Tidak menyisakan pertanyaan.

Adapun buku Keadilan Sosial dalam Islam mengupas tentang aturan-aturan yang harus dijalankan ketika seseorang telah mengakui Islam sebagai pedoman hidupnya. Aturan yang dibicarakan dalam buku tersebut berkenaan dengan aturan pokok. Bahwa Islam tidak hanya mengatur kehidupan umat Muslim, tetapi Islam mengatur keseluruhan kehidupan manusia.

Saya dapati buku ini menjadi buku yang penting untuk dibaca oleh banyak orang dewasa ini karena sungguh isu tentang pertentangan Islam dalam sebuah negara sangat hangat dibicarakan.

Pada titik itu-lah saya berani menyatakan bahwa kedua buku itu sangat cocok untuk dibaca secara berurutan. Karena kita harus terlebih dahulu yakin alasan kenapa kita harus memilih Islam. Setelah itu, barulah kita pahami aturan pokok yang diamanatkan Islam kepada umatnya. Sehingga pemahaman kita bisa terbentuk secara sistematis dan tak mudah goyah.

Saya sangat merekomendasikan kepada anda semua untuk bisa menyisihkan uang juga waktu membaca dan memahami kedua buku tersebut. 

Terkhusus  buku Prof. Hamka, teruntuk mereka yang selalu dengan antusias berteriak tentang bentuk pemerintahan Islam, buku Keadilan Sosial dalam Islam wajib untuk anda jadikan referensi tambahan.

0 komentar:

Posting Komentar