Langsung ke konten utama

Emosi Bernama Kemarahan


"Orang yang kuat bukanlah yang kuat dalam gulat. Orang yang kuat adalah orang yang mampu menguasai dirinya ketika marah."
(HR. BUKHARI dan MUSLIM)


Kemarahan
adalah suatu emosi yang secara fisik mengakibatkan antara lain peningkatan denyut jantung, tekanan darah serta tingkat adrenalin dan noradrenalin. Itulah sebuah pengertian dari kata marah atau kemarahan yang bisa saya dapatkan dari situs WIKIPEDIA. Sudah sejak lama saya pribadi ingin menulis mengenai sebuah fenomena pelampiasan emosi dalam bentuk sebuah kemarahan, karena saya pribadi termasuk orang yang agak sulit dalam mengendalikan rasa marah. Dan ketika saya membaca sebuah artikel di koran Republika edisi hari ini, Sabtu, 16 Januari 2010 yang bertepatan dengan 30 Muharam 1431 H, yang berjudul "Menahan Marah" karya Iman Nur Suharno M.Pdl. rasa itu semakin menggebu dan tak bisa saya tahan lagi.

Sudah banyak fakta atau bukti yang secara jelas menunjukan kepada kita semua bahwa buah dari suatu kemarahan selalu menimbulkan efek negatif. Hampir tak ada sesuatu yang positif dari sebuah kemarahan. Tapi, seolah tak mengerti, kita semua masih saja membiarkan kemarahan yang ada dalam hati kita keluar secara menggebu-gebu dan menafikan semua pemikiran logis dan perasaan nurani. Dalam tayangan berita di TV, kita pernah dan bahkan sering melihat sebuah demonstrasi yang dilakukan sekelompok orang yang pada akhirnya berujung ricuh. Dari tayangan itu, satu kesimpulan kecil bisa kita tarik yaitu orang-orang yang ikut serta dalam sebuah demonstrasi belum bisa menahan rasa marah dan bahkan cenderung untuk sengaja mempertunjukan kemarahan mereka, entah untuk menunjukan betapa serius nya mereka atau mungkin untuk menunjukan "kekuasaannya". Saya selalu miris melihatnya dan mungkin juga semua orang yang menyaksikan tayangan seperti itu. Setidaknya ada dua penyebab kemirisan yang saya rasakan, pertama karena perbuatannya dan yang kedua karena pelakunya. Ya, hampir sebagian besar, pelaku atau partisipan dari sebuah kegiatan demonstrasi adalah MAHASISWA. Sekelompok orang yang disebut sebagai orang-orang yang mempunyai intelektual tinggi dan menjadi harapan bagi bangsa Indonesia yang sejalan dengan tugasnya sebagai calon pemimpin. Menjadi sebuah ironi, ketika kekerasan atau pelampiasan kemarahan dilakukan oleh orang-orang yang terpelajar, yang secara teori seharusnya lebih mampu menunjukan kedewasaannya dengan sebuah solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada, bukan justru sebaliknya. Sebenarnya tak ada yang salah dengan melakukan sebuah demonstrasi selama hal itu masih sesuai dengan koridor yang ada dan menjaga ketertiban umum. Karena, bagaimanapun juga, kita membutuhkan orang-orang yang secara langsung maupun tidak langsung mengikuti dan menjaga perkembangan politik negara kita dan mengkritisi kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah. Ini sesuai dengan budaya politik yang harus kita kembangkan yaitu budaya politik partisipan dan dalam hal ini mahasiswa (agent of change) berada dalam gardu terdepan. Satu-satunya hal yang salah dan harus diperbaiki adalah perbuatan anarki yang biasa mereka lakukan. Tentu masih ingat dalam otak kita, bagaimana demo mahasiswa yang menentang kenaikan BBM berlangsung ricuh dan melakukan perusakan terhadap fasilitas umum dan bahkan sebuah mobil dinas. Lagi-lagi sebuah ironi, ketika yang mereka perjuangkan adalah rakyat tapi mereka justru merusak benda-benda yang secara jelas telah menggunakan uang rakyat.
Ada apa dengan perilaku santun?damai?dan saling mengalah? Apakah sebegitu rusaknya mental bangsa ini sehingga perbuatan anarkis hasil dari ketidakmampuan menahan rasa marah lebih kita kedepankan daripada sebuah musyawarah mufakat dengan kepala dingin?

Dan akhir-akhir ini pun kita disuguhi oleh demo-demo yang berlangsung ricuh mengenai kasus Bank Century dan Anggodo. Sekali lagi, kita sebagai rakyat memang sudah seharusnya ikut serta dalam proses pengawasan terhadap segala "gerak-gerik" yang dilakukan oleh Pemerintah kita. Agar segala kebijakan ynag dilakukan, benar-0benar untuk mensejahterakan rakyat Indonesia pada umumnya. Dan demostrasi adalah salah satu cara bagi kita untuk mengkritisi segala kebijakan yang ada, yang tentunya bila kebijakan itu kita nilai merugikan. Tapi, sebuah demonstrasi janganlah kita jadikan sebagai ajang mempertontonkan perbuatan anarkis dan pelampiasan rasa marah secara berlebihan.

Pada akhirnya, kembali pada sebuah tulisan karya Iman Nur Suharno M.Pdl, sebagai umat Islam setidaknya ada tiga cara yang bisa kita lakukan untuk menahan rasa marah, yaitu :
  1. Berusaha untuk berhenti bicara.
  2. Membaca ta'awudz.
  3. Berwudhu.
Karena sesungguhnya kemampuan menahan marah merupakan karakteristik orang bertakwa yang dijanjikan sebagai penghuni surga oleh Allah SWT.

"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan hartanya baik dalam keadaan lapang maupun sempit, mampu menahan marah dan memberi maaf kepada manusia. Dan Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik."
(QS. ALI IMRAN, 3:133-134)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibadalana uliy ba’sin syadid

Selasa, 22 Juli 2014 22.00 WIB Saya akan menampilkan atau mem- posting tulisan dari Bapak Usep Romli , Pengasuh Pesantren Budaya "Raksa Sarakan" Garut. Tulisan ini merupakan tulisan di kolom Opini , harian Republika yang diterbitkan pada hari Selasa, 22 Juli 2014. Beliau menulis tentang (satu-satunya) cara untuk bisa mengalahkan zionis Israel. sehingga tulisannya pun diberi judul, Mengalahkan Zionis Israel . Berikut ini tulisannya saya tampilkan penuh tanpa ada sedikit pun saya kurangi atau tambahkan. "Mengalahkan Zionis Israel" Hari-hari ini, bangsa Palestina di Jalur Gaza sedang dibombardir pasukan Zionis-Israel. Nyaris tak ada perlawanan sama sekali, karena Palestina tak punya tentara. Hanya ada beberapa kelompok sipil bersenjata yang berusaha bertahan seadanya. Negara-negara Arab yang tergabung dalam Liga Arab tak berdaya. Begitu pula negara-negara berpenduduk mayoritas Islam yang tergabung dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI), tak da

Hercules dan Moral

The Legend of Hercules Minggu, 9 Februari 2014 10.10 WIB Cukup lama saya tidak menonton sebuah film di bisokop. Untuk sebagian orang, hal ini merupakan sebuah pemborosan karena kondisi yang ada di Indonesia memungkinkan kita untuk bisa menonton sebuah film dengan harga yang jauh lebih murah.  Di Indonesia kita masih bisa untuk mendapatkan sebuah DVD dengan harga yang sangat murah, sekitar 6 (enam) ribu rupiah ( bajakan tentunya tapi dengan kualitas gambar yang cukup baik ), bandingkan dengan harga yang harus dikeluarkan apabila kita menonton sebuah film di bioskop, sekitar 25 ribu – 50 ribu rupiah tergantung bioskop yang kita pilih. Saya pun menyadari hal itu tapi saya tentu juga memiliki alasan. Terlepas dari alasan idealis yang sebenarnya juga masih saya miliki, alasan utama yang ingin saya kemukakan disini adalah bahwa menonton sebuah film di bioskop bagi saya adalah sebuah penyegaran, sebuah hobi untuk melepas penat dan mendapatkan lagi beberapa semangat. Ya, hobi. Mung

Wahana Wyata Praja IPDN

Sejarah Singkat Wahana Wyata Praja Wahana Wyata Praja adalah organisasi internal Praja IPDN yang pada dasarnya mempunyai tugas dan fungsi sama dari tahun ke tahun, namun namanya berubah sesuai situasi dan kondisi pada masa angkatan tersebut. Nama organisasi praja yang terbentuk sejak awal berdirinya STPDN hingga IPDN adalah sebagai berikut: Manggala Corps Praja Angkatan I STPDN sampai dengan angkatan IV STPDN Organisasi ini bernama MANGGALA CORPS PRAJA, yang pimpinannya adalah Manggala Pati dengan tanda jabatan talikur berwarna merah, nama Manggala Corps ini hanya sampai pada angkatan IV saja, karena pada angkatan V organisasi internal Praja ini berubah nama menjadi WAHANA BINA PRAJA. Wahana Bina Praja Angkatan IV STPDN sampai dengan angkatan XVI STPDN Wahana Bina Praja ini pimpinannya bernama Gubernur Praja dengan tanda jabatan talikur berwarna biru lis kuning nestel dua, dari Wahana Bina Praja inilah mulai di bentuk berbagai instansi dan UKP yang di ang