Langsung ke konten utama

Menuju pernikahan.

Sabtu, 8 Ramadhan 1438 H / 3 Juni 2017
13.30 WIB

Disadari atau tidak, kita telah menjadi manusia dengan paham sekuler. Sekulerisme dalam artian memisahkan antara urusan agama dan urusan dunia. Karena faktanya kita bisa konsisten untuk menjalankan setiap perintah agama, yakni perintah ritual ibadah. Tapi gagal mentransformasinya ke dalam kehidupan nyata. Seolah-olah, Islam hanya agama ritual.

Jadi di luar shalat, zakat, puasa, dan haji, maka itu bukan ibadah. Dan Islam tidak mengaturnya. Konsekuensi dari pemikiran sempit semacam itu adalah di luar ritual ibadah, yakni dalam kehidupan sehari-hari, semisal bergaul dengan sesama, bekerja, berdiskusi, bermasyarakat, berpakaian, dan sebagainya, kita gunakan "gaya" di luar Islam. Kita terapkan "-isme" selain Islam. Kita punya "standar" dan "idola" yang jauh dari Islam. Naudzubillah.

***

Ada seseorang yang berkata kepada Salman radhiyallahu ‘anhu: “Apakah Nabi kalian shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan segala sesuatu sampai masalah buang air?” Ia menjawab : “Ya, Beliau melarang kami buang air besar atau buang air kecil menghadap kiblat, beristinja’ dengan tangan kanan, beristinja’ dengan batu yang kurang dari tiga buah dan beristinja’ dengan kotoran binatang [Termasuk semua yang najis] atau tulang.” (HR. Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi)

Read more https://yufidia.com/3575-tata-cara-buang-air-dalam-islam.html

Hadits tersebut di atas menurut banyak ulama adalah salah satu bukti bahwa Islam adalah agama yang sempurna. Untuk perkara kecil seperti buang air, Islam telah mengaturnya, maka sangat tidak mungkin bila untuk hal yang lebih besar dari itu, Islam tidak memberikan aturan atau kaidah untuk kita menjalaninya.

Maka orang yang masih bersikeras untuk mengatakan bahwa ibadah dalam Islam hanya terbatas pada ritual, dia telah salah. Dan Muslim yang masih mencari "gaya hidup" atau "-isme" di luar Islam, maka dia telah tersesat. Wallahu'allam.

***

Dua hal di atas hanya mukadimah, saya tak akan berbicara lebih jauh tentang orang-orang yang mengaku Islam, atau setidak-tidaknya ber-KTP Islam tapi enggan untuk mempelajari Islam.

Saya hanya ingin berbicara tentang hal yang jauh lebih sederhana dari mukadimah di atas. Ini perihal usaha saya untuk terus istiqomah di atas sunnah.

Salah satu usaha yang saat ini sedang saya usahakan adalah berusaha untuk menyegerakan pernikahan. Kenapa? Karena tanpa pernikahan agama seseorang (lelaki khususnya) belum-lah sempurna. Terlebih untuk seseorang seperti saya, yang memang dari awal terlanjur akrab dengan dosa. Telah banyak tersentuh oleh hal-hal yang telah jelas dilarang oleh agama. Maka urusan syahwat menjadi titik rawan yang harus saya benahi.

Manusia harus terlebih dahulu mengenali apa yang menjadi kekurangan dalam dirinya untuk bisa kemudian melakukan perubahan positif. Kita harus terlebih dahulu mengakui "penyakit" yang ada dalam diri, untuk kemudian melakukan langkah-langkah penyembuhannya.

Dan yang menjadi "penyakit" yang harus saya sembuhkan adalah perihal syahwat. Bukan pada harta ataupun tahta, tapi pada wanita!

Di dalam Islam, satu-satunya cara yang diridhoi Allah ta'ala dalam menyalurkan kebutuhan biologis manusia, yang dalam hal ini syahwat kepada lawan jenis, adalah melalui hubungan badan dalam ikatan pernikahan yang sah. Tidak ada cara lain!

Sehingga menjadi sangat jelas, tanpa adanya pernikahan maka saya belum beragama secara sempurna. Karena salah satu kebutuhan tubuh belum bisa saya penuhi. Saya, dalam bahasa lainnya, masih berlaku dzalim pada diri sendiri. Karena Islam telah mengatur semuanya, termasuk tentunya pengaturan dalam pemenuhan kebutuhan.

Alhamdulillah, kebutuhan lain telah saya usahakan untuk saya penuhi sesuai dengan tuntunan sunnah. Tapi untuk kebutuhan biologis, maka tuntutan syariat hanya ada satu, yakni pernikahan.

Maka saya tak punya lagi alasan untuk menunda-nunda sebuah pernikahan.

Qodarullah, saya hidup di akhir zaman, dan hidayah sunnah tak saya dapatkan sedari kecil. Sehingga pernikahan yang sebenarnya adalah sebuah ibadah dalam sudut pandang Islam, telah memiliki makna lain di mata masyarakat, yang sebenarnya mayoritas Islam. Ironi.

Pernikahan dipandang sebagai sesuatu hal yang "mewah", penjewantahan dari sebuah kemapanan. Di sisi lain, ada juga yang melihatnya sebagai sebuah pengekangan kebebasan, sehingga hanya boleh dilakukan ketika semua ekspresi diri sebagai makhluk tanpa ikatan telah habis dicurahkan.

Daripada melangsungkan pernikahan, mereka lebih memilih untuk saling mengenal dalam balutan pacaran (saya pernah termasuk di dalamnya bahkan menulis pembelaan tentangnya dan kini saya bertaubat darinya).

Subhanallah, dengan alasan belum adanya kesiapan, terutama dari segi materi. Lalu alasan belum mapannya karir. Mereka menepikan kebutuhan biologis. Alhamdulillah bagi mereka yang mampu mengontrol kebutuhan itu sehingga bisa untuk tersibukan dengan hal positif.

Melawan lingkungan adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Mencari pasangan yang satu visi memandang kehidupan juga kesulitan lain yang harus terpecahkan.

Tapi, Allah ta'ala adalah sebaik-baik perencana. Dia memang maha membolak-balikan hati manusia. Dan alhamdulillah, kini pernikahan itu telah ada di depan mata.

Di sini ujian lain mulai saya rasakan. Di saat-saat seperti ini, keimanan saya pada syariat Islam, pada semua janji Allah ta'ala mendapatkan goncangan. Bagaimana tidak, saya akan menjalani sebuah pernikahan dengan wanita yang belum pernah saya habiskan waktu berdua dengannya. Semua komunikasi kami lakukan secara tegas tanpa ada basa-basi di dalamnya. Allahuakbar, bagi saya yang meng-klaim baru berhijrah, maka ini adalah hal yang sangat baru! Saya akan menikah dengan wanita "asing"!! Bissmillah..

Ujian lainnya adalah berkenaan dengan nafkah yang harus saya berikan. Seperti yang telah saya katakan di awal tulisan. Muslim harus bisa mentranformasikan nilai-nilai Islam kepada kehidupan sehari-hari. Ujian penerapan syariat Islam bukan pada ritual ibadahnya tapi pada penerapannya dalam kehidupan bermuamalah.

Saya yang sedang berusaha sepenuhnya menjalani kehidupan sesuai sunnah, maka dalam hal mendapatkan pemasukan (gaji), koridor syariat pun harus saya penuhi.

Berkenaan dengan hal itu, instansi tempat saya bekerja menerapkan peraturan baru tentang mekanisme pemberian tunjangan kinerja. Aturan mulai diterapkan di awal tahun 2017. Secara garis besar tunjangan kinerja tidak lagi diberikan berdasarkan jumlah kehadiran. Tapi kini tunjangan kinerja diberikan sesuai dengan absensi kehadiran dan input pekerjaan yang dilakukan. 50% tunjangan ditentukan oleh kehadiran dan 50% lainnya ditentukan oleh jumlah pekerjaan yang dilakukan.

Di awal-awal diberlakukannya aturan itu, saya pun dengan santai melakukan beberapa "kebohongan" hanya untuk mendapatkan tunjangan secara penuh. Banyak pembenaran yang saya kemukakan dalam hati.

Tapi saya pun bertanya, lalu apa makna hijrah yang saya klaim sedang saya lakukan saat ini? Bila untuk mendapatkan gaji saja saya masih berbohong? Allahuakbar. Sebuah keputusan yang sangat sulit. Karena "kebohongan" itu telah sangat lumrah. Karena hal itu berkaitan dengan berkurangnya penghasilan. Terlebih lagi saya pun masih mempunyai tanggungan hutang riba yang harus saya bereskan!

Alhamdulillah, ketika saya putuskan untuk berusaha mengurangi "kebohongan", walaupun dengan konsekuensi tunjangan setiap bulan harus saya terima dengan jumlah yang berkurang, Allah ta'ala cukupkan kehidupan saya.

Maka dengan keterbatasan penghasilan, tak ada tabungan, dan beban hutang riba setiap bulannya, saya dengan berani menambah daftar pengeluaran yakni menafkahi seorang istri!

Hitungan matematis, hal di atas tak mungkin bisa saya lakukan. Tapi, ini-lah ujian keimanan. Beriman pada setiap janji Allah ta'ala. Hidup sesuai dengan sunnah kekasih-Nya, walaupun dunia sangat jelas tertinggalkan.

Bissmillah, semoga Allah ta'ala terus menjaga niat dalam hati kami. Sehingga pernikahan yang akan kami laksanakan murni kami niatkan untuk beribadah kepada-Nya. Meyakini bahwa sepenuhnya Dia yang akan memberi rezeki. Aamiin.

Komentar

  1. Subhanallah.. lancar semua urusan smpe hari H, diks. Mugi2 jadi pasangan surga. Aamiin allahumma aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin kak, jazakillahu khoiran atas doanya ya kak.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibadalana uliy ba’sin syadid

Selasa, 22 Juli 2014 22.00 WIB Saya akan menampilkan atau mem- posting tulisan dari Bapak Usep Romli , Pengasuh Pesantren Budaya "Raksa Sarakan" Garut. Tulisan ini merupakan tulisan di kolom Opini , harian Republika yang diterbitkan pada hari Selasa, 22 Juli 2014. Beliau menulis tentang (satu-satunya) cara untuk bisa mengalahkan zionis Israel. sehingga tulisannya pun diberi judul, Mengalahkan Zionis Israel . Berikut ini tulisannya saya tampilkan penuh tanpa ada sedikit pun saya kurangi atau tambahkan. "Mengalahkan Zionis Israel" Hari-hari ini, bangsa Palestina di Jalur Gaza sedang dibombardir pasukan Zionis-Israel. Nyaris tak ada perlawanan sama sekali, karena Palestina tak punya tentara. Hanya ada beberapa kelompok sipil bersenjata yang berusaha bertahan seadanya. Negara-negara Arab yang tergabung dalam Liga Arab tak berdaya. Begitu pula negara-negara berpenduduk mayoritas Islam yang tergabung dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI), tak da

Hercules dan Moral

The Legend of Hercules Minggu, 9 Februari 2014 10.10 WIB Cukup lama saya tidak menonton sebuah film di bisokop. Untuk sebagian orang, hal ini merupakan sebuah pemborosan karena kondisi yang ada di Indonesia memungkinkan kita untuk bisa menonton sebuah film dengan harga yang jauh lebih murah.  Di Indonesia kita masih bisa untuk mendapatkan sebuah DVD dengan harga yang sangat murah, sekitar 6 (enam) ribu rupiah ( bajakan tentunya tapi dengan kualitas gambar yang cukup baik ), bandingkan dengan harga yang harus dikeluarkan apabila kita menonton sebuah film di bioskop, sekitar 25 ribu – 50 ribu rupiah tergantung bioskop yang kita pilih. Saya pun menyadari hal itu tapi saya tentu juga memiliki alasan. Terlepas dari alasan idealis yang sebenarnya juga masih saya miliki, alasan utama yang ingin saya kemukakan disini adalah bahwa menonton sebuah film di bioskop bagi saya adalah sebuah penyegaran, sebuah hobi untuk melepas penat dan mendapatkan lagi beberapa semangat. Ya, hobi. Mung

Wahana Wyata Praja IPDN

Sejarah Singkat Wahana Wyata Praja Wahana Wyata Praja adalah organisasi internal Praja IPDN yang pada dasarnya mempunyai tugas dan fungsi sama dari tahun ke tahun, namun namanya berubah sesuai situasi dan kondisi pada masa angkatan tersebut. Nama organisasi praja yang terbentuk sejak awal berdirinya STPDN hingga IPDN adalah sebagai berikut: Manggala Corps Praja Angkatan I STPDN sampai dengan angkatan IV STPDN Organisasi ini bernama MANGGALA CORPS PRAJA, yang pimpinannya adalah Manggala Pati dengan tanda jabatan talikur berwarna merah, nama Manggala Corps ini hanya sampai pada angkatan IV saja, karena pada angkatan V organisasi internal Praja ini berubah nama menjadi WAHANA BINA PRAJA. Wahana Bina Praja Angkatan IV STPDN sampai dengan angkatan XVI STPDN Wahana Bina Praja ini pimpinannya bernama Gubernur Praja dengan tanda jabatan talikur berwarna biru lis kuning nestel dua, dari Wahana Bina Praja inilah mulai di bentuk berbagai instansi dan UKP yang di ang