Kamis, 01 Oktober 2009

What Is Magic ?



What Is Magic?

Bukanlah sebuah pertanyaan biasa, tapi lebih dari itu kata-kata tadi adalah acara sulap paling terbaru dari ilusionis dan endurance artist terkenal asal Amerika, yaitu David Blaine. Sebenarnya acara itu tidak bisa dibilang baru, karena telah diproduksi atau dibuat pada tahun 2008. Tapi, untuk kawasan Asia, khususnya Indonesia, acara itu baru ditayangkan pada tanggal 24 September 2009 di AXN, chanell tv yang hanya bisa dilihat orang-orang yang berlangganan Tv berbayar. Main Show dari acara yang diberi judul : davidblaine:What Is Magic ?, adalah The Bullet Catch. The Bullet Catch adalah trik yang cukup terkenal di Amerika sana dan David Blaine sendiri bukanlah orang yang pertama dalam melakukan trik berbahaya itu. Sederhananya, The Bullet Catch adalah usaha sang pesulap untuk menangkap sebuah peluru, dengan sebuah cangkir baja yang disimpan di dalam mulutnya. Yupz, sedikit kesalahan saja bisa membuat si pesulap kehilangan nyawanya! dan seperti yang telah saya duga, David Blaine berhasil melewati tantangan itu dengan sukses.

David Blaine adalah pesulap favorit saya, karena dia lebih dari seorang pesulap. Dia juga merupakan orang dengan ketahanan tubuh di atas rata-rata orang pada umumnya. Banyak dari aksi-aksinya yang dapat membuktikan itu semua, diantaranya:

1. Buried Alive, April 5, 1999 : David dikubur secara hidup-hidup selama 7hari dan hanya minum tanpa makan.


2. Frozen in Time, November 27, 2000 : David berdiri dengan ditempel oleh balok es yang sangat tebal selama 63 jam, 42 menit and 15 detik.


3. Vertigo, May 22, 2002 : David berdiri tegak di sebuah pilar atau tiang di kawasan Bryant Park, New York City. Dengan tinggi 30 m dan lebar tiang hanya 0.56 m. David melakukan aksi ini selama 35 jam.


4. Above the Below, September 5, 2003 : David tinggal selama 44hari tanpa makanan dan hanya minum 4,5 liter air per harinya, di sebuah Plexiglass yang diangkat dengan ketingian 9m.


5. Drowned Alive, May 1, 2006 : David tinggal di sebuah bola raksasa yang penuh dengan air selama 7 hari 7 malam.


6. Dive of Death, September 18, 2008 : Inilah aksi yang membuat dia dijuluki "The Upside Down Man". Dia digantung dengan keadaan terbalik selama 60jam.


Yupz...itulah sederat aksi-aksi berbahaya dari seorang David Blaine yang menggabungkan sulap dan ketahanan tubuh. Tapi, apakah sulap itu benar-benar ada? Hmmm...sebuah pertanyaan yang sering kita dengar ketika kita selesai menonton sebuah acara sulap. Wajar memang, tapi mari kita sama-sama selidiki.

Menurut Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, karangan Indrawan WS, sulap berarti permainan atau pertunjukan kecepatan tangan atau dengan bantuan roh sehingga menakjubkan penonton. Dari pengertian ini, kita sebagai muslim tentunya, bisa berkesimpulan bahwa sulap tidak lah ada dan hanya trik belaka, tanpa roh, jin atau ilmu ghaib lainnya. Kenapa? Karena untuk masalah atau hal-hal yang ghaib, Allah telah dengan jelas berfirman bahwa itu hanyalah urusan Allah dan manusia hanya sedikit saja diberitahu tentang itu.

Lalu bagaimana dengan para pesulap yang mampu mempertunjukan sebuah ilusi-ilusi yang bisa dibilang mustahil untuk dilakukan? Sekali lagi itu hanyalah buah dari pemikiran dan kecerdikan dari pesulap itu sendiri. Apalagi dewasa ini, telah banyak orang yang berani mempertunjukan rahasia sulap yang ada, contohnya saja, acara Breaking The Magician Code. Si pesulap yang menggunakan topeng dengan blak-blakan memperlihatkan dan memberitahu kita bagaimana caranya melakukan sebuah trik sulap, dari yang sederhana sampai yang paling rumit sekalipun.

Tapi, bagaimana dengan perkataan dari pesulap itu sendiri yang amat begitu meyakinkan ? Pendapat saya, para pesulap dalam hal ini tak lebih dan tak jauh beda dari seorang aktor dan aktris dalam sebuah film, yang berpura-pura menjadi orang lain dan menghayati itu semua, agar kita bisa percaya akan hal itu.

Hemat saya, daripada kita terus membuat bingung pikiran kita sendiri, akan lebih baik kita menikmati mereka para pesulap sebagai sebuah hiburan bagi kita. Selayaknya kita menonton sebuah film, kita tahu bahwa itu semua tidak nyata tapi kita tidak memperdulikannya dan tetap menikmatinya saja. Dan tak jauh beda dari film, agar bisa laku keras dan digemari orang banyak, mereka berusaha keras untuk meyakinkan kita dan membuat itu senyata mungkin, dan begitu juga acara sulap. Tapi, pada akhirnya, itu semua tak lebih dari sebuah trik belaka.

Pada akhirnya, ayo kita nikmati sulap dengan para pesulapnya, seperti hal nya saya menggemari seorang David Blaine. Tapi, tak lebih hanya sebagai sebuah hiburan.
SO, WHAT IS MAGIC ?

DAVID BLAINE - THE BULLET CATCH
http://www.youtube.com/watch?v=ZdKujIUFrwc

0 komentar:

Posting Komentar