Minggu, 18 Oktober 2009

Sepak bola : Our Live In A Small Version



Sepakbola, Football, Soccer, ya..ada banyak cara untuk menyebut permainan ini. Sebuah olahraga yang sangat mendunia dan paling populer dewasa ini. Tak terkecuali, di negara kita tercinta ini, Indonesia, sepakbola (begitu biasa kita menyebutnya) adalah permainan sekaligus olahraga yang paling digemari. Secara sederhana, olahraga ini adalah sebuah permainan yang dilakukan oleh dua tim, yang masing-masing tim berjumlah sebelas orang. Dilakukan di sebuah lapangan, menggunakan sebuah bola dan setidaknya ada tiga orang wasit yang mengatur jalannya pertandingan. It's simple, isn't it?

Dan seiring perkembangan zaman, olahraga ini telah berkembang menjadi sebuah industri olahraga yang sangat menggiurkan bagi para pengusaha, bahkan untuk mereka yang tidak menegerti tentang sepak bola sekalipun. Dan, tentu saja wajah pesepakbolaan kini tak sesederhana dulu, kini telah banyak aturan yang mengatur sebuah sistem ini, entah itu yang berhubungan langsung dengan teknis sepak bola itu sendiri ataupun aturan untuk mengatur bisnis dibalik dan diluar masalah permainan ini.

Mungkin, kita bertanya-tanya mengapa sepak bola bisa begitu digemari di dunia. Tak ada jawaban pasti untuk masalah ini, karena faktor subjektifitas sangat kental di dalamnya. Tapi, saya pribadi yang secara langsung adalah penggemar berat dari olahraga sepak bola itu sendiri, mempunyai pendapat bahwa sepak bola adalah olahraga yang paling dekat dengan kehidupan kita semua. Olahraga yang sangat murah dan sangat mudah untuk dilakukan begitu pula untuk kita pahami. Dan lebih jauh lagi, Sepak bola adalah potret kehidupan kita.

Kita semua bisa mengambil banyak pelajaran dalam olahraga ini. Sepak bola mengajarkan kita agar tidak bersikap individulistis dalam menjalani hidup ini. Karena, sepak bola adalah permainan kolektif dan begitu juga hidup kita. Kita tak akan pernah lepas dari orang lain, karena disadari atau tidak, kita akan selalu membutuhkan orang lain.

Kehidupan ini bukanlah tentang hasil, tapi tentang proses yang kita lalui. Kita lihat bagaimana sepak bola begitu sangat menghargai sebuah proses daripada sebuah hasil. Itulah mengapa sepak bola menggunakan format liga, dimana sang juara didapatkan melalui waktu yang lama. Lalu, di dalam menjalani sebuah proses itu, kita harus selalu semangat, pantang menyerah walau di saat paling terakhir sekalipun. Banyak fakta, yang telah saya lihat dalam sepak bola, bagaimana sebuah tim bisa memenangkan pertandingan dan mengubah atau membalikan skor akhir, hanya dalam hitungan menit bahkan detik sekalipun!

Masih banyak pelajaran hidup ataupun potret kehidupan kita yang tersaji dalam sebuah olahraga yang bernama, Sepak Bola. Sepak bola lebih dari sekadar olahraga, sepak bola adalah sebuah pertarungan gengsi dan harga diri dengan jutaan orang sebagai saksinya. Well, ini hanyalah pendapat saya berdasarkan pemikiran dan persepsi yang saya miliki dan pengetahuan yang saya dapatkan. Tak ada paksaan, terlebih bagi anda yang tidak menyukai sepak bola. Pesan saya, bila memang anda tidak menyukai olahraga ini, jangan buat persaan tidak suka itu menjadi perasaan benci terhadap olahraga ini. Itu hak anda untuk suka ataupun tidak, tapi tetaplah melihat segala sesuatunya dari sudut pandang yang positif. Agar, bila ada hal yang positif atau berguna, anda bisa mengambil pelajaran dari itu semua.

0 komentar:

Posting Komentar