Sabtu, 13 Maret 2010

Memilih Pilihan


HIDUP SEBUAH PILIHAN

Satu hal yang terkadang membuat orang bingung dan bahkan cenderung sulit untuk mereka lakukan adalah kemampuan mereka untuk membuat sebuah pilihan. Pilihan dalam segala segi kehidupan karena hidup memang berisi dengan banyak pilihan, yang mau atau tidak kita semua dituntut untuk mampu menentukan sebuah pilihan yang nantinya akan kita jalani. Ada banyak alasan kenapa orang sulit untuk menetukan sebuah pilihan, ada diantara mereka yang pada dasarnya memang tidak memiliki rasa percaya diri yang cukup dan cenderung bersifat pesimis dan ada sebagian orang lainnya terlalu banyak memikirkan hal-hal lain di luar permasalahan yang sedang dia hadapi, sehingga dia ragu dan cenderung takut untuk menentukan sebuah pilihan. Orang-orang seperti itu menghabiskan banyak waktunya bukan untuk memikirkan pilihan mana yang pantas dan seharusnya mereka pilih, tapi mereka justru lebih banyak berpikir tentang apa dan bagaimana reaksi orang terhadap pilihan yang nantinya akan mereka pilih. Tidak salah memang tapi tentu saja perbuatan seperti itu sangatlah tidak produktif dan tindakan seperti itu hanya akan membuat kita ragu lalu pada akhirnya kita akan cenderung memilih zona netral atau zona abu-abu. Kita memang sebagi makhluk sosial harus mampu menjaga kehidupan bermasyarakat dan hubungan kita dengan orang-orang disekitar kita seharmonis dan sebaik mungkin tapi itu tak berarti kita harus menomerduakan prinsip hidup yang telah kita punya, yang dalam hal ini merupakan patokan dasar dalam menentukan sebuah pilihan. Kita tetap harus mampu mengatakan dan memilih segala sesuatu yang benar dan mengatakan serta menjauhi segala sesuatu yang salah dengan cara sesopan mungkin tanpa harus membuat sebuah permasalahan yang baru.

PRINSIP DAN RESIKO
Hal yang paling penting dalam menentukan atau memilih sebuah pilihan, setidaknya ada dua hal, yaitu : Prinsip hidup dan ketenangan diri.
  • Prinsip hidup
Mungkin inilah faktor utama seseorang dalam memilih sesuatu dalam hidupnya, karena prinsip hidup seseorang merupakan patokan dasar bagi seseorang untuk menjalani kehidupan. Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi kita semua untuk memperkuat prinsip yang kita pegang dan memantapkannya dalam hati kita agar kita tak terombang-ambing dalam kehidupan yang penuh dengan godaan ini. Dengan kuatnya prinsip hidup kita maka kuat jugalah dasar pijakan kita sehingga kedepannya kita bisa nyaman untuk melangkah dan menentukan arah tanpa pernah sedikitpun tersesat tertinggal arah.
  • Ketenangan diri
Bila memang prinsip hidup yang kita pegang telah kita rasa kuat maka selanjutnya kita harus mampu bersikap tenang ketika kita dihadapkan dengan sebuah pilihan. Jangan pernah sekalipun kita pikirkan tentang masalah yang sedang kita hadapi tapi pikirkan lah solusinya, maka dalam hal ini kita harus mampu memikirkan setiap pilihan yang mungkin bisa kita pilih. Kita harus mampu menaganalisa setiap resiko yang ada, yang terdapat dalam setiap pilihannya. Semua itu hanya bisa kita lakukan bila kita mampu menenangkan diri kita sehingga kita bisa bersikap dan berpikir jernih. Hal itu juga bisa meminimalisir kesalahan yang mungkin akan kita lakukan. Sebenarnya setiap pilihan mempunyai resikonya masing-masing, tinggal bagaimana kita bisa memilih pilihan yang sekiranya tak terlalu beresiko besar bagi kehidupan kita.

BERANI BERBUAT, BERANI BERTANGGUNG JAWAB
Pada akhirnya, sekali lagi, bila kita dihadapkan dengan sebuah pilihan kita harus mampu bersikap tenang kemudian dengan teliti kita cermati setiap pilihan yang ada dan pelajari setiap resiko yang mungkin akan kita hadapi, setelah semua itu mampu kita kerjakan dengan tenang dan akal sehat yang logis maka mulailah menentukan pilihannya sesuai dengan prinsip hidup yang kita pegang. Dan tahapan akhir dari semua itu adalah kita harus siap dengan segala akibat dari segala pilihan yang kita pilih, kita harus menghadapi itu semua dengan penuh semangat dan jauhilah sifat merengek atau menyesal. Bila memang pilihan yang kita pilih itu salah, tak usah kita terlalu membesar-besarkannya, tapi jadikanlah itu sebuah pelajaran dan mencoba mengambil hikmahnya. Karena hidup bukan tentanh hasil tapi tentang proses yang kita lakukan dalam mengahsilkan sebuah "hasil".
PEACE and CHEERS!!

"Janganlah menganggap remeh sesuatu hal yang kecil tapi janganlah kita juga mebesar-besarkan sesuatu hal yang sebenarnya kecil."


1 komentar:

  1. adderall online trusted adderall online - buy adderall online no rx

    BalasHapus