Langsung ke konten utama

Praktikum Kimia, 08-03-2010

Pada hari Senin, 08-03-2010, kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Sumedang telah melakukan ujian praktek mata pelajaran kimia sebagai salah satu syarat untuk menempuh kelulusan. Ibu Dede Juangsih, S.Pd, adalah guru pembimbing kami sekaligus guru yang menilai praktek kimia yang telah kami lakukan. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, ujian praktek untuk tahun ajaran 2009-2010 dilakukan secara kelompok, dengan maksimal setiap kelompok di setiap kelasnya terdiri dari 4 (empat) orang siswa. Materi praktek yang disediakan berjumlah 29 LKS (Lembar Kegiatan Siswa) yang merupakan kumpulan materi praktek dari semester 3 - 6.

Adapun pembagian materi dilakukan dengan metode undian agar tidak ada kecemburuan di setiap kelompok yang ada. Dan kelompok saya, kelompok (7) tujuh, yang beranggotakan Adima I.A. Noors (saya pribadi), Damarra Rezza, Ratna Fitriani I., dan Yuliana Rismalawati mendapat undian untuk melakukan praktek tentang DAYA PEREDUKSI ION HALIDA. Perbedaan atau perubahan lainnya adalah, hasil dari praktek yang telah kami lakukan harus di posting di situs atau forum sekolah kami, yaitu www.sman1sumedang.com, paling lambat 4 (empat) hari setelah melakukan ujian praktek. Laporan praktek itu juga harus disertai foto-foto yang berkaitan tentang praktek yang telah dilakukan.

Kelompok saya bisa dibilang mendapat materi yang dalam prakteknya tidak begitu rumit atau dengan kata lainnya, kami hanya melakukan praktek yang cukup sederhana. Dengan keadaan seperti itu, kami hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk menyelesaikan praktek nya. Dan dengan waktu yang masih relatif banyak tersisa, kami berempat bisa memanfaatkan waktu itu untuk menjawab pertanyaan yang ada dan berfoto untuk keperluan laporan sekaligus kenangan!
Yupz, mungkin hikmah di balik itu semua, saya pribadi bisa lebih menikmati suasana praktek, bercanda, menggoda kelompok lain dan tentu saja berfoto. Tapi, semua itu hanya saya lakukan setelah pekerjaan atau kewajiban kami dalam praktek kimia itu telah kami selesaikan.
Jadi, ujian praktek kimia yang diujikan oleh Ibu Dede merupakan kenangan yang indah buat saya, kenangan indah bersama-sama teman-teman IPA2, kenangan indah dan pengalaman berharga dalam melakukan praktek kima.

Hasil Laporan Kelompok 7 (tujuh) bisa dilihat dengan meng-klik, KIMIA
Dan dibawah ini adalah foto-foto yang diambil ketika kelompok saya melakukan praktek dan sebagian foto teman-teman IPA2 lainnya :
























PEACE and CHEERS!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibadalana uliy ba’sin syadid

Selasa, 22 Juli 2014 22.00 WIB Saya akan menampilkan atau mem- posting tulisan dari Bapak Usep Romli , Pengasuh Pesantren Budaya "Raksa Sarakan" Garut. Tulisan ini merupakan tulisan di kolom Opini , harian Republika yang diterbitkan pada hari Selasa, 22 Juli 2014. Beliau menulis tentang (satu-satunya) cara untuk bisa mengalahkan zionis Israel. sehingga tulisannya pun diberi judul, Mengalahkan Zionis Israel . Berikut ini tulisannya saya tampilkan penuh tanpa ada sedikit pun saya kurangi atau tambahkan. "Mengalahkan Zionis Israel" Hari-hari ini, bangsa Palestina di Jalur Gaza sedang dibombardir pasukan Zionis-Israel. Nyaris tak ada perlawanan sama sekali, karena Palestina tak punya tentara. Hanya ada beberapa kelompok sipil bersenjata yang berusaha bertahan seadanya. Negara-negara Arab yang tergabung dalam Liga Arab tak berdaya. Begitu pula negara-negara berpenduduk mayoritas Islam yang tergabung dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI), tak da

Hercules dan Moral

The Legend of Hercules Minggu, 9 Februari 2014 10.10 WIB Cukup lama saya tidak menonton sebuah film di bisokop. Untuk sebagian orang, hal ini merupakan sebuah pemborosan karena kondisi yang ada di Indonesia memungkinkan kita untuk bisa menonton sebuah film dengan harga yang jauh lebih murah.  Di Indonesia kita masih bisa untuk mendapatkan sebuah DVD dengan harga yang sangat murah, sekitar 6 (enam) ribu rupiah ( bajakan tentunya tapi dengan kualitas gambar yang cukup baik ), bandingkan dengan harga yang harus dikeluarkan apabila kita menonton sebuah film di bioskop, sekitar 25 ribu – 50 ribu rupiah tergantung bioskop yang kita pilih. Saya pun menyadari hal itu tapi saya tentu juga memiliki alasan. Terlepas dari alasan idealis yang sebenarnya juga masih saya miliki, alasan utama yang ingin saya kemukakan disini adalah bahwa menonton sebuah film di bioskop bagi saya adalah sebuah penyegaran, sebuah hobi untuk melepas penat dan mendapatkan lagi beberapa semangat. Ya, hobi. Mung

Wahana Wyata Praja IPDN

Sejarah Singkat Wahana Wyata Praja Wahana Wyata Praja adalah organisasi internal Praja IPDN yang pada dasarnya mempunyai tugas dan fungsi sama dari tahun ke tahun, namun namanya berubah sesuai situasi dan kondisi pada masa angkatan tersebut. Nama organisasi praja yang terbentuk sejak awal berdirinya STPDN hingga IPDN adalah sebagai berikut: Manggala Corps Praja Angkatan I STPDN sampai dengan angkatan IV STPDN Organisasi ini bernama MANGGALA CORPS PRAJA, yang pimpinannya adalah Manggala Pati dengan tanda jabatan talikur berwarna merah, nama Manggala Corps ini hanya sampai pada angkatan IV saja, karena pada angkatan V organisasi internal Praja ini berubah nama menjadi WAHANA BINA PRAJA. Wahana Bina Praja Angkatan IV STPDN sampai dengan angkatan XVI STPDN Wahana Bina Praja ini pimpinannya bernama Gubernur Praja dengan tanda jabatan talikur berwarna biru lis kuning nestel dua, dari Wahana Bina Praja inilah mulai di bentuk berbagai instansi dan UKP yang di ang