Jumat, 12 Maret 2010

Praktikum Kimia, 08-03-2010

Pada hari Senin, 08-03-2010, kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Sumedang telah melakukan ujian praktek mata pelajaran kimia sebagai salah satu syarat untuk menempuh kelulusan. Ibu Dede Juangsih, S.Pd, adalah guru pembimbing kami sekaligus guru yang menilai praktek kimia yang telah kami lakukan. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, ujian praktek untuk tahun ajaran 2009-2010 dilakukan secara kelompok, dengan maksimal setiap kelompok di setiap kelasnya terdiri dari 4 (empat) orang siswa. Materi praktek yang disediakan berjumlah 29 LKS (Lembar Kegiatan Siswa) yang merupakan kumpulan materi praktek dari semester 3 - 6.

Adapun pembagian materi dilakukan dengan metode undian agar tidak ada kecemburuan di setiap kelompok yang ada. Dan kelompok saya, kelompok (7) tujuh, yang beranggotakan Adima I.A. Noors (saya pribadi), Damarra Rezza, Ratna Fitriani I., dan Yuliana Rismalawati mendapat undian untuk melakukan praktek tentang DAYA PEREDUKSI ION HALIDA. Perbedaan atau perubahan lainnya adalah, hasil dari praktek yang telah kami lakukan harus di posting di situs atau forum sekolah kami, yaitu www.sman1sumedang.com, paling lambat 4 (empat) hari setelah melakukan ujian praktek. Laporan praktek itu juga harus disertai foto-foto yang berkaitan tentang praktek yang telah dilakukan.

Kelompok saya bisa dibilang mendapat materi yang dalam prakteknya tidak begitu rumit atau dengan kata lainnya, kami hanya melakukan praktek yang cukup sederhana. Dengan keadaan seperti itu, kami hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk menyelesaikan praktek nya. Dan dengan waktu yang masih relatif banyak tersisa, kami berempat bisa memanfaatkan waktu itu untuk menjawab pertanyaan yang ada dan berfoto untuk keperluan laporan sekaligus kenangan!
Yupz, mungkin hikmah di balik itu semua, saya pribadi bisa lebih menikmati suasana praktek, bercanda, menggoda kelompok lain dan tentu saja berfoto. Tapi, semua itu hanya saya lakukan setelah pekerjaan atau kewajiban kami dalam praktek kimia itu telah kami selesaikan.
Jadi, ujian praktek kimia yang diujikan oleh Ibu Dede merupakan kenangan yang indah buat saya, kenangan indah bersama-sama teman-teman IPA2, kenangan indah dan pengalaman berharga dalam melakukan praktek kima.

Hasil Laporan Kelompok 7 (tujuh) bisa dilihat dengan meng-klik, KIMIA
Dan dibawah ini adalah foto-foto yang diambil ketika kelompok saya melakukan praktek dan sebagian foto teman-teman IPA2 lainnya :
























PEACE and CHEERS!!

0 komentar:

Posting Komentar