Jumat, 17 Juni 2011

Menganalisis Pemerintahan yang Sedang Berjalan

Tugas yang diberikan oleh dosen terasa semakin banyak, setidaknya setiap satu mata kuliah setiap dosennya telah memberikan minimal satu buah tugas yang harus kami kerjakan, dengan batas waktu kerja yang sangat beragam. Bisa dipahami memang, karena tugas-tugas itu menjadi sesuatu hal yang bisa disebut hal yang wajib. Karena merupakan salah satu faktor penilaian. Faktor-faktor penilaian yang berlaku di lembaga pendidikan ini adalah kehadiran, nilai UTS, nilai UAS dan yang terakhir tugas terstruktur. Dan memang bukan sesuatu hal yang bisa kita anggap remeh juga, karena nilai yang kita dapatkan dari hasil kerja sebuah tugas sangat mungkin untuk bisa mengatrol nilai kita nantinya apabila seandainya nilai kita kurang, khususnya hasil dari sebuah ujian.

Seperti yang telah saya singgung sebelumnya, saya pribadi lebih menyukai tugas-tugas yang bersifat analisis, yang lebih mengedepankan daya pikir dan kemampuan nalar kita untuk melihat dan kemudian membaca segala kejadian yang sedang terjadi. Dan itu lah gambaran umum dari tugas mata kuliah Sistem Pemerintahan Indonesia (SPI), yang diajarkan oleh dosen, bapak Dwi Haryono. Kita harus menganalisis sistem pemerintahan yang sedang berlangsung saat ini. Menentukan tema utamanya, kemudian mencari segala berita yang terkait dengan tema yang kita pilih itu, lalu kita analisis, dan kemudian kita tutup dengan sebuah kesimpulan serta saran.
Untuk tugas ini, tema yang saya pilih adalah tentang stabilitas pemerintahan kita yang sangat berpengaruh terhadapa wajah dari pemerintahan Indonesia kali ini. Saya tertarik untuk membahas itu, karena semakin hari kinerja pemerintahan SBY untuk masa periode yang kedua ini semakin banyak mendapatkan suatu sorotan, terutamanya sikap Presiden SBY yang semakin terlihat ragu-ragu dan serba lamban dalam mengambil setiap kebijakan atau untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang ada. Ini menjadi semakin menarik, karena seharusnya secara teori, sistem pemerintahan presidensil yang kita anut, bisa memberikan suatu kestabilan dan ketentraman dalam kehidupan berpolitik dan kehidupan pemerintahan, tapi sekali lagi, tak semua yang terjadi bisa seindah dan sebaik teori yang telah dibuat oleh para ahli.

Jadi, selayaknya seorang pengamat pemerintahan, saya mencoba menuangkan segala teori yang telah saya pelajari, dibalut segala opini pribadi yang saya miliki untuk menganalisis permasalahan itu, sehingga pada akhirnya bisa memberikan suatu gambaran umum dan suatu rekomendasi untuk penyelesaian permasalahan tersebut. Dan satu hal lagi, yang sangat saya sukai dengan segala tugas yang berhubungan erat dengan pendapat pribadi adalah tidak akan ada pendapat yang mutlak benar dan pendapat yang mutlak salah.

Menganalisis Pemerintahan yang Sedang Berjalan

0 komentar:

Posting Komentar