Senin, 23 Mei 2011

Kader itu emas dan harus tetap menjadi emas!

JAMES ROBERT PUALILLIN
Purna Praja STPDN Angkatan 01.
Kepala Bidang Kemahasiswaan di Pasca Sarjana IPDN Kampus Cilandak.

Beliau berkata suatu kalimat indah, di akhir penyampaian materi pada kuliah umum di IPDN Kampus Regional Kalimantan Barat pada hari Senin, tanggal 23, bulan Mei, tahun 2011. Kata-kata yang terangkai sederhana tapi penuh makna, sangat dalam sehingga mampu membuatnya terenyuh, matanya berkaca-kaca, memerah menahan air mata. Membuat kita yang mendengarnya ikut merasa takjub menelan ludah selayaknya orang yang terhipnotis tak mampu untuk sekedar menggerakan lidah.

Kalimat yang terlontar tulus dari seorang Kakak yang sama-sama telah pernah merasakan kerasnya dunia pendidikan tinggi kepamongprajaan dan telah merasakan dunia nyata kehidupan birokrasi. Kalimat penyemangat, kalimat penuh motivasi.

"Kalian ini Kader aparatur pemerintahan. Sebagai Kader kalian jangan lah seperti kayu. Kayu yang apabila terkena hujan, terkena panas maka akan lapuk. Sebagai Kader kalian juga jangan seperti besi. Besi apabila terkena hujan, terkena panas maka akan berkarat. Tapi sebagai Kader kalian harus seperti emas. Emas apabila terkena panas ataupun hujan dan bahkan dilemparkan serta ditempatkan di tempat paling hina sekalipun, akan tetap berharga dan bernilai tinggi serta orang-orang akan tetap mencarinya, membutuhkannya. Jadi, jangan pernah kalian merasa terbuang!"



5 komentar:

  1. Saya Listiyono muda praja kelas D8 angkatan 22 pak, tadi kali pertamanya bapak masuk kelas di semester II ini, bapak juga bercerita hal yang sama di kelas
    saya sangat setuju dengan paparan bapak tersebut. saya harap para praja dapat memahami, menyadari, serta melaksanakan apa yang menjdi kewajiban seorang kader birokrat.
    Terima kasih pak.

    BalasHapus
  2. @cak listiyono kusumo atmodjo : maaf, saya bukan pak james robert, tapi saya hanya mengutip apa yang beliau tuliskan.

    BalasHapus
  3. Kata2 harus sama dengan kelakuam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgn manis dibibir kelakuan diluar aneh2

      Hapus