Sabtu, 20 April 2013

Perdebatan akal sehat dan rasa (2)

Sebuah tulisan yang dia labeli dengan nama Perasaan sekaligus Akal Sehat. Sebuah tulisan yang dia buat sebisa mungkin tidak menghakimi, tidak menilai mana yang baik dan mana yang buruk. Tulisan yang dia rangkai sedemikian rupa sehingga terbebas dari nilai, terbebas dari substansi masalah utama. Dia mencoba hanya menggunakan masalah utama yang ada dalam tulisan saya sebagai sebuah latar atau sebuah batu loncatan atau sebuah prolog pembuka paragraf atau hanya pemanis tulisannya saja. 

Pada intinya dia hanya berusaha untuk mengungkapkan pendapatnya tentang cara pandangnya dalam melihat sebuah rasa dan akal sehat. 

Awal saya membaca tulisannya, saya terhenyak, saya terkagum, dan saya tak bisa untuk berkata apapun. Argumennya kuat, redaksi katanya runtut penuh semangat. Ringan tapi juga berat. Denotasi tapi banyak dibungkus dalam konotasi. Apa adanya tapi penuh makna dalam penuh arti. Bisa apa saya? 

Saya yang telah mulai menulis pada pertengahan tahun 2009 merasa malu ketika membaca tulisannya. Saya malu karena saya yang telah lama menulis belum bisa untuk menulis seringkas itu tapi sungguh padat substansinya. Redaksi kata yang indah tapi tidak mengurangi maksud utamanya. Dan yang terpenting adalah dia mempunyai argumen yang juga kuat. 

Woow!

5 komentar:

  1. yang jelas itu bukan aku...wkwk

    BalasHapus
  2. wah, akang bikin sampai 3 part hehehe.. terlepas tentang rasa dan logika, sama2 belajar menulis kang. banyak sebetulnya yang ingin lili tulis kang. bukan tentang keseharian atau ya sejauh ini baru sampai asmara hehehe. pngin juga nulis tentang ilmiah, atau misal menanggapi birokrasi, atau sesuatu yg ada di masyarakat, musik, habit, dan lain2. ya kayak tulisan2akang. tapi belum PD kang. memang hanya dengan pengetahuan yaaaa seorang mahasiswa (ibaratnya). lewat tulisan2 akang juga lili belajar. sebenernya kesulitan lili nulis itu bikin alurnya kang. dan terimakasih atas izinnya menanggapi tulisan akang. hehehe

    BalasHapus
  3. @bang Harri : iya bang, bukan utk saat ini hhe

    @lili : iya neng, mari kita sama2 belajar. semoga bisa semakin baik ya? pokoknya jangan ragu aja neng! :)

    BalasHapus
  4. @adima : saat apa ajalah terserah...hehehe... let is flow #bahasainggrisloh ! wkwk
    @neng lili : namanya indah, tulisannya juga bagus, kenalin saya adiknya adima ^_^

    BalasHapus
  5. haha masa adik lebih tua dari kakaknya? :D

    BalasHapus